6 Cara Mudah Mengatur Keuangan Supaya Terkendali Selama Ramadan

Ajukan Pinjaman

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Banyak orang terutama umat Muslim yang menantikan datangnya bulan ini terutama karena dengan lewatnya bulan Ramadan maka lebaran artinya akan  tiba. Tidak sedikit yang akhirnya kalap dan tidak dapat mengendalikan pengeluaran selama di bulan Ramadan. Banyaknya keinginan membuat Anda menjadi sulit untuk mengatur keuangan. Anda sebaiknya jangan panik dulu karena dengan mengikuti 6 langkah berikut dari Credy Indonesia, maka Anda akan terbebas dari pembengkakan pengeluaran.

tips mengantur keuangan ramadan

  1. Dahulukan kepentingan, bukan keinginan

    Tidak dapat dipungkiri jika Anda ingin membeli segala jenis makanan untuk berbuka, apalagi menjelang lebaran maka Anda akan disibukkan dengan baju baru, salam tempel, dan kue kering. Sebaiknya Anda fokus pada hal-hal yang diperlukan saja. Anda tidak harus berbuka puasa di restoran mewah ataupun membeli baju baru sebelum lebaran tiba. Kendalikan diri Anda dan jika memang memerlukannya sebaiknya cobalah untuk menggunakan pinjaman online yang disediakan oleh Credy. Pinjaman dari Credy tidak akan memberatkan Anda karena pinjaman yang diberikan tidak ada bunga yang perlu Anda bayar.

  2. Tetaplah hidup sederhana

    Anda tidak perlu membeli peralatan beribadah baru selama Ramadan. Anda juga tidak perlu berbuka puasa dengan makanan serba mewah. Jangan pernah berfikir bahwa akan ada uang tambahan ketika nanti lebaran akan tiba sehingga Anda boleh berboros-boros ria saat ini.

  3. Membeli keperluan jauh-jauh hari

    Sebenarnya tidak semua kebutuhan untuk lebaran dan puasa harus dibeli ketika saatnya telah dekat. Ada baiknya Anda berbelanja jauh-jauh hari untuk mengantisipasi kenaikan harga dan ramainya lokasi-lokasi perbelanjaan. Sebaiknya Anda mencicil keperluan Anda.

  4. Memanfaatkan diskon dan promo dengan tepat

    Tidak sedikit pusat perbelanjaan dan tempat makan yang menawarkan harga promo selama bulan puasa. Untuk itulah kini saatnya Anda memanfaatkan dengan bijak adanya diskon dan promo tersebut.

  5. Gunakan THR dengan bijak

    Apabila Anda mendapatkan THR, maka janganlah menghabiskannya dengan membabi buta. Tetaplah fokus untuk memikirkan prioritas yang harus diambil dengan menggunakan THR. Apabila Anda memiliki pinjaman online, maka sebaiknya gunakan THR tersebut untuk melunasi hutang piutang Anda.

  6. Mengurangi berbuka puasa di luar rumah

    Bagi Anda yang memilih untuk berbuka di masjid tentu tidak akan mengalami masalah keuangan yang berarti namun apabila Anda memilih untuk berbuka puasa di restaurant atau tempat makan lainnya maka sebaiknya Anda berpikir ulang. Pasalnya jika Anda memilih untuk memasak sendiri maka Anda dapat menghemat hingga 50%. Adapun batasan bagi Anda untuk berbuka puasa di luar adalah maksimal 2 kali selama Ramadan.

Sekian blog mengenai cara mudah mengatur keuangan saat Ramadan dari Credy Indonesia, dengan beberapa cara tersebut diharapkan Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih baik dan bijak selama bulan puasa. Tidak ada salahnya untuk berhati-hati dalam hal tersebut demi hari-hari setelah Ramadan yang lebih baik. Nantikan blog kami selanjutnya, masih mengenai tips ramadan dan keuangan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *