Pelajari 5 Poin Penting Agar Keuangan Menjelang Bulan Puasa Terkendali

Ajukan Pinjaman

Sebentar lagi kita akan menyambut kembali bulan suci Ramadan. Pada bulan puasa, Anda akan dilatih untuk mengendalikan diri. Selain bisa menahan nafsu makan, sangat penting bagi Anda juga untuk dapat mengendalikan keuangan saat bulan puasa. Meskipun di akhir bulan puasa keuangan meningkat karena THR, biasanya pengeluaran pun bisa menjadi lebih banyak.

Bulan puasa di Indonesia biasanya identik dengan banyak acara. Puncaknya di hari Lebaran. Namun, menjelang Lebaran pun sudah banyak undangan buka bersama yang pastinya akan menguras cukup banyak uang. Dari buka bersama teman kuliah, teman SMA, teman SMP, hingga rekan kantor. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk membeli baju Lebaran dan juga hidangan saat hari Lebaran tiba.

Mengatur Keuangan Bulan Puasa | Credy

Mengatur Keuangan Bulan Puasa | Credy

Agar keuangan Anda pada bulan puasa mendatang terkendali, pastikan untuk mempelajari 5 poin berikut ini.

1. Ketahui kebutuhan

Menjelang puasa dan hari Lebaran, pengeluaran memang tidak sedikit. Sebaiknya, Anda sudah mengetahui pengeluaran apa saja yang akan ada. Hitung kebutuhan tambahan seperti dana untuk buka puasa di luar, buka puasa di rumah, membeli baju Lebaran, mengirim parsel Lebaran dan juga biaya mudik. Jangan lupakan juga pengeluaran rutin seperti biaya hidup sehari-hari, tagihan, cicilan, asuransi dan investasi.

2. Tahan diri dengan kesederhanaan

Prinsipnya, berpuasa adalah saat di mana Anda harus bisa menahan diri. Tidak hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga menahan diri untuk pengeluaran yang berlebih. Pastikan Anda mengingat prinsip ini untuk mengatur pengeluaran di bulan puasa. Tidak perlu selalu berbuka puasa di restoran mewah. Anda bisa menyiasatinya dengan berbuka di rumah saja dikelilingi oleh orang-orang terdekat.

3 Manfaatkan promo

Biasanya, bulan Ramadan identik dengan banyaknya promo bertebaran. Anda akan melihat banyak sekali diskon belanja online maupun offline. Pastikan untuk memanfaatkan promo ini dengan cerdas supaya bisa lebih hemat.

4. Siapkan biaya mudik dari jauh-jauh hari

Satu hal yang paling ditunggu-tunggu pada momen Lebaran adalah waktu mudik. Bila Anda berencana mudik tahun ini, ada baiknya untuk mempersiapkan segala kebutuhan dair jauh hari. Dapatkan harga tiket mudik lebih murah agar lebih hemat.

5. Gunakan THR

Alokasikan dana THR Anda untuk pengeluaran momen Lebaran seperti membeli baju Lebaran, mengirim parsel Lebaran dan juga biaya mudik. Dengan begitu, pengeluaran rutin Anda akan tetap aman. Rayakan momen Lebaran dengan perencanaan keuangan yang baik. Jika Anda membutuhkan pinjaman pribadi, ajukan saja pada Credy. Dapatkan pinjaman online cepat untuk memenuhi kebutuhan hari puasa dan perayaan hari Lebaran Anda.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *