Keuntungan dan Kerugian Menjadi Freelancer

Ajukan Pinjaman

Waktu sangat cepat berlalu dalam semua aspek kehidupan, begitu juga mereka yang ada dalam dunia kerja. Teknologi baru setiap tahunnya terus bermunculan dan berkat teknologi internet, freelancer bukanlah sesuatu yang baru bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas keuntungan dan kerugian menjadi freelancer.

Keuntungan dan kerugian menjadi freelancer

keuntungan dan kerugian menjadi freelancer

Keutungan menjadi Freelancer

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda akan suatu hal, misalkan setiap orang dapat menilai isi dari sebuah botol setengah penuh maupun botol setengah kosong. Hal ini merupakan penilaian pribadi. Tetapi pada kenyataannya, hal ini digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam menilai atau melihat suatu keadaan. Kaitannya menjadi seorang freelancer, di internet ada begitu banyak informasi pekerjaan untuk menjadi seorang freelancer namun kembali lagi kepada kita bagaimana melihat suatu apakah itu merupakan peluang dan yakin akan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat bersaing di dunia kerja freelancer. Ada orang yang menilai positif dan ada pula yang akan menilai negative menjadi seorang freelancer. Hal ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Berikut adalah beberapa keuntungan yang Anda rasakan jika Anda seorang freelancer:

  • Waktu kerja yang fleksibel: Dalam dunia kerja di Indonesia, biasanya karyawan atau pegawai akan masuk dari senin sampai jumat atau jika Anda bekerja di bidang jasa (hospitality industry) maka kemungkinan Anda hanya mendapatkan libur satu hari dalam satu minggu. Tentu bukanlah sesuatu yang bagus bagi Anda yang ingin memiliki waktu bersama keluarga. Berbeda hal nya dengan bekerja sebagai freelancer, Anda dapat menentukan jam kerja Anda Pekerjaan inipun dapat dilakukan dengan santai di rumah.
  • Menjadi freelancer Anda dapat bekerja dengan beberapa perusahaan sekaligus. Jika Anda adalah pegawai atau karyawan tetap suatu perusahaan, terkadang perusahaan memiliki aturan untuk tidak membolehkan karyawannya bekerja untuk perusahaan lain. Sebagai freelancer Anda dapat bekerja untuk beberapa perusahaan yang berbeda-beda. Syaratnya tentu, Anda bisa mengantur pekerjaan yang Anda ambil agar selesai tepat waktu. Contohnya: Anda adalah seorang graphic designer, Anda bisa dapat mendapatkan beberapa pekerjaan sekaligus seperti membuat design logo untuk perusahaan A dan membuat design website untuk perusahaan B.
  • Mengubah pandangan masyarakat: Masyarakat Indonesia pada umumnya yang tinggal di desa, pada saat melihat anaknya berdiam di rumah persepsi mereka adalah anak mereka tidak bekerja. Padahal tidak selalu demikian adanya, mereka adalah freelancer yang bisa bekerja di mana saja. Jadi sudah saatnya orang yang bekerja di bidang freelancer memberikan pemahaman orang di sekitarnya tentang apa itu freelancer.
  • Penghasilan: Penghasilan yang dihasilkan dengan bekerja sebagai freelancer bisa jadi lebih besar daripada karyawan tetap di suatu perusahaan. Karena bekerja sebagai freelancer Anda dapat mengambil beberapa pekerjaan sekaligus. Hal ini tergantung dari kemampuan yang dimiliki, kreatifitas, dan jaringan kerja. Semakin banyak informasi pekerjaan yang dimiliki, baik itu dari teman atau internet, semakin besar peluang seorang freelancer dalam memperoleh pekerjaan.

Kerugian menjadi freelancer

Dari semua keuntungan yang sudah dibahas diatas, ada beberapa kekurangan atau kerugian yang mungkin dirasakan dari bekerja sebagai freelancer. Berikut adalah beberapa kerugian yang mungkin Anda temui jika Anda seorang freelancer:

  • Bekerja sebagai freelancer membutuhkan investasi awal: Dalam beberapa kasus, investasi yang dibutuhkan dapat menjadi sangat tinggi, tergantung jenis pekerjaan yang akan Anda ambil. Seperti membeli alat-alat yang bersakutan dengan pekerjaan, seperti: peralatan komputer, internet dan masih banyak yang lainnya. Apapun situasinya, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan pinjaman online yang credy.co.id tawarkan. Anda dapat meminjam dana hingga Rp. 4.000.000 rupiah dengan batas pengembalian maksimal 30 hari dari Credy.co.id. Jadi, Anda dapat memutuskan sendiri berapa banyak dana yang Anda perlukan dan berapa hari yang Anda perlukan untuk mengembalikan uang pinjaman tersebut. Pinjaman ini merupakan bantuan yang sangat berguna bagi freelancer, karena kemudahan dan kecepatan proses dalam memberikan pinjaman yang ditawarkan.
  • Tidak mendapatkan asuransi kesehatan: Bekerja sebagai freelancer Anda tidak mendapatkan jaminan asuransi kesehatan jika sakit seperti yang diterima karyawan kantoran. Jika sakit Anda harus menggunakan tabungan yang Anda miliki atau mendaftar di salah satu perusahaan swasta yang menyediakan asuransi kesehatan.
  • Jam kerja yang melebihi 8 jam: Sebagai freelancer terkadang Anda harus bekerja melebihi jam kerja harian seorang karyawan kantor. Seorang freelancer sering kali bekerja hingga larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan yang mendekati Namun, hal ini bisa diatasi jika freelancer membuat pengaturan jam kerja yang tepat.

Anda bisa mengambil keputusan untuk menjadi freelancer atau tidak dari penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian menjadi freelancer di atas. Apakah Anda ingin bekerja sebagi freelancer? Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang bekerja sebagai freelancer dan tahu baik mengenai apa itu freelancer. Ini adalah kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan lebih dan bersaing secara kompetitif dengan orang lain di luar sana. Tidak tergantung dalam bidang apapun, jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang freelancer pastikan bahwa Anda memiliki tekad yang kuat dan siap mengambil konsekuensi yang ada. Jika Anda memerlukan bantuan pendanaan atau keuangan, credy.co.id siap membantu Anda dengan pinjaman online yang kami tawarkan. Sekian mengenai artikel “Keuntungan dan Kerugian Menjadi Freelancer” semoga bermanfaat, nantikan blog selanjutnya dari tim kami!

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *