Anda Blogger? Berikut Tips Management Finansial Khusus untuk Para Blogger

Ajukan Pinjaman

Tidak dipungkiri banyak pekerjaan baru yang bermunculan di zaman digital ini. Dengan adanya Internet, banyak peluang pekerjaan yang telah hadir termasuk sebagai blogger. Mungkin dulu Anda tidak pernah menyangka bisa mendapatkan penghasilan hanya melalui blogging. Tapi di zaman sekarang, semua memiliki kemungkinan.

Memiliki penghasilan dari blogging bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan komitmen, konsistensi, dan kreativitas agar bisa menjadi blogger ternama. Selain itu Anda perlu mendedikasikan waktu untuk membuat konten blog dari foto hingga tulisan. Tak kalah penting, Anda juga perlu ikut berkembang dengan perubahan di industri ini agar tetap bisa eksis sebagai seorang blogger.

Dalam artikel kali ini, Credy akan membahas tips manajemen finansial bagi Anda yang mencari penghasilan dari blogging.

Tips Management Finansial Blogger | Credy

Tips Management Finansial Blogger | Credy

1 Ketahui rata-rata penghasilan per bulan

Sebagai pekerjaan yang bisa dikategorikan sebagai freelancer, seorang blogger tidak menerima gaji tetap setiap bulannya. Penghasilan setiap bulan akan bervariasi tergantung dengan job yang didapat. Ada saatnya di mana seorang blogger sedang banjir job dan menghasilkan setara dengan manager-manager perusahaan. Tapi ada kalanya juga di saat job sepi dan penghasilan pun berkurang.

Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa memulai dengan mengetahui berapa rata-rata penghasilan per bulan. Jumlahkan total pendapatan selama setahun kemarin, lalu bagikan dengan angka 12 yaitu jumlah bulan yang ada dalam setahun. Dari formula itu, Anda bisa mengetahui pendapatan rata-rata tiap bulannya.

Gunakan angka ini sebagai patokan untuk mendapatkan penghasilan setiap bulan. Dengan begitu, Anda bisa membuat strategi untuk melaksanakan pekerjaan Anda sebagai seorang blogger.

2 Manfaatkan penghasilan untuk berkembang

Hidup dari blogging tidaklah mudah. Industri ini memiliki banyak pesaing di dalamnya. Kadang, Anda pun tidak bersaing dengan blogger lain, tetapi dengan diri Anda sendiri. Banyak blog yang muncul dan juga tenggelam.

Apapun pekerjaan Anda, sebetulnya tips ini bisa diaplikasikan bagi siapa saja. Pastikan Anda menyisihkan dana dan waktu untuk pengembangan diri. Anda bisa membeli buku, mengikuti workshop untuk memperkaya skills, datang ke acara-acara untuk potensi networking dan hal lainnya. Bagi blogger, mungkin membeli peralatan seperti kamera atau lighting baru juga diperlukan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kualitas blog Anda.

3 Miliki dana cadangan

Setelah mengetahui rata-rata penghasilan per bulan, ada satu hal yang bisa dibilang sangat penting yang harus dilakukan seorang blogger dalam manajemen keuangan. Anda harus memiliki dana cadangan dan tidak bergantung hidup hanya pada penghasilan. Sifat pekerjaan sebagai blogger yang tidak menentu akan mengharuskan Anda untuk memiliki dana cadangan atau pintar-pintar mengelola cash flow.

Dana cadangan ini akan berguna saat pekerjaan sedang sepi. Meskipun sedang tidak ada job, hidup Anda tetap berjalan bukan? Nah, di sinilah gunanya dana cadangan. Idealnya, Anda memiliki dana cadangan untuk bertahan hidup selama setahun. Oleh karena itu, dana cadangan bisa dihitung dengan pengeluaran setiap bulan dikali 12. Namun, jika belum mampu menyisihkan uang sebanyak itu, Anda bisa mulai dengan memiliki dana cadangan untuk 6 bulan.

Jadikan hal ini sebagai prioritas keuangan Anda. Sisihkan terlebih dahulu dana cadangan sebelum menggunakan uang ini untuk hal lain. Namun, jika Anda belum memiliki dana cadangan, Anda bisa mendapatkan solusi dari Credy. Jika tiba-tiba Anda membutuhkan pinjaman pribadi cepat, ajukan saja pada Credy di sini.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *