Tips Memantau Perkembangan Keuangan Bisnis

Ajukan Pinjaman

Jika Anda memiliki usaha, tentunya Anda menginginkan kinerja keuangan bisnis Anda untuk terus bertumbuh. Tidak ada yang ingin rugi. Pengusaha pastinya ingin untung. Oleh karena itu, penting sekali Anda bisa mengelola keuangan bisnis dengan baik. Namun, management keuangan bisnis memang membutuhkan skill tertentu karena tidak semudah mengelola keuangan pribadi.

Banyak hal yang harus Anda pantau dan perhatikan seperti arus kas, angka penjualan, jumlah kerugian, dan masih banyak hal lainnya. Anda juga harus mengetahui berapa persen keuntungan atau kerugian yang didapatkan, bagian operasional apa yang menghambat bisnis Anda, dan apakah ada bagian yang mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

Pada artikel ini, Credy akan membahas cara memantau keuangan bisnis Anda.

Memantau Keuangan Bisnis | Credy

Memantau Keuangan Bisnis | Credy

1. Mengetahui transaksi kas serta utang & piutang

Segala transaksi yang dilakukan oleh bisnis Anda haruslah tercatat. Pastikan Anda memiliki laporan keuangan untuk mengetahui berapa banyak uang yang masuk ataupun keluar. Jangan lupa catat piutang yang ada karena bisa dikategorikan sebagai pendapatan. Catat juga utang yang bisnis Anda miliki.

2. Analisis biaya tak terduga

Meski tim keuangan sudah menentukan budget bulanan, biasanya akan ada saatnya di mana bisnis harus mengeluarkan biaya-biaya tak terduga. Cek apakah biaya tak terduga ini masih aman terkendali atau malah membuat dampak buruk pada bisnis secara keseluruhan?

3. Pantau biaya pemasaran

Agar bisnis Anda dikenal, tentu Anda perlu mengeluarkan biaya pemasaran. Untuk memantau perkembangan bisnis, Anda bisa mengukur dari hasil yang didapatkan dari pemasaran. Cek kembali berapa banyak uang yang dialokasikan untuk beriklan. Cari tahu apakah pemasaran yang dilakukan sudah menghasilkan konversi pada penjualan.

4. Analisis sumber daya manusia

Tidak hanya urusan kas, sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan juga harus dipantau karena bisa berdampak pada kondisi finansial perusahaan. Periksa kembali tingkat perputaran karyawan. Apakah ada karyawan yang tidak produktif? Apakah Anda membutuhkan biaya untuk pelatihan karyawan? Hal-hal terkait sumber daya manusia juga wajib Anda pantau.

Jika Anda memiliki impian untuk mengembangkan bisnis yang Anda punya dan membutuhkan modal tambahan, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal bisnis pada Credy.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *