Perbedaan Pinjaman Uang Online dan Tradisional

Ajukan Pinjaman

Terdapat beberapa perbedaan penting yang perlu anda ketahui ketika memilih antara opsi pinjaman uang online atau tradisional. Perbedaan itulah yang membedakan pemilihan pengajuan pinjaman sesuai dengan situasi yang anda hadapi. Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang kedua hal tadi secara rinci dan mengapa tidak bisa dianggap setara.

Sangatlah penting untuk mengerti perbedaan dan penjelasan masing-masing dari jenis pinjaman. Pinjaman online, seperti namanya diminta secara online melalui internet, baik melalui komputer, laptop atau perangkat smartphone dan tablet. Proses pengajuan pinjaman dilakukan dari jarak jauh melalui aplikasi dengan menggunakan perangkat lunak canggih untuk mengecek data, dalam banyak hal pemberian pinjaman akan direspon hanya dalam 10 menit saja. Jumlah yang diberikan biasanya dari kecil sampai sedang, tetapi di Credy anda dapat meminta antara Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 4.000.000.

Pinjaman tradisional biasanya dilakukan di bank atau di kantor pemberi pinjaman. Proses peminjaman dengan cara tradisional melibatkan birokrasi yang lebih banyak karena memerlukan beberapa persyaratan dokumen, jam buka yang sudah ditentukan, dan pengecekan yang memerlukan banyak waktu. Ini berarti bahwa permintaan anda tidak dapat diproses secara langsung, namun butuh beberapa hari atau minggu. Tetapi, jumlah pinjaman yang dapat diajukan cukup banyak atau bisa sangat banyak.

perbedaan pinjaman uang online dengan pinjaman tradisional

Perbedaan pinjaman uang online dan pinjaman tradisional dari segi penggunaan
Satu perbedaan penting yang biasanya terlintas di pikiran pada saat memikirkan pinjaman uang online dengan pinjaman tradisional adalah dari segi penggunaan uang. Pinjaman online biasanya diajukan karena adanya keperluan tak terduga atau mendesak yang harus dibayarkan. Seperti perbaikan mobil atau tagihan yang terlalu tinggi dan harus dibayar secepatnya. Sebaliknya, pinjaman tradisional diajukan untuk meminta pendanaan untuk investasi masa depan atau pekerjaan, seperti: pembelian rumah, mobil, atau untuk memajukan usaha yang dimiliki, dll.

Perbedaan lainnya adalah jumlah pinjaman yang diperlukan. Kenyataannya, yang diperlukan oleh orang-orang pada umumnya pada saat mencari pinjaman melalui internet adalah pinjaman dalam jumlah kecil sampai menengah. Credy, mengerti dengan masalah ini sehingga menawarkan jumah pinjaman yang kecil sampai menengah. Mengingat jumlah pinjaman yg kecil sampai menengah lebih mudah dikembalikan daripada jumlah pinjaman yang besar. Bahkan di credy.co.id menerima orang-orang yang memiliki catatan negatif pada saat meminjam di biro kredit. Oleh karena itu salah satu pinjaman online yang kami sediakan disini adalah ‘pinjaman tanpa agunan atau pekerjaan tetap‘, karena anda tidak perlu membuktikan laporan apapun dari biro kredit.

Namun, hal ini tidak bisa dilakukan pada pinjaman tradisional, dimana jumlah yang digunakan dalam jumlah besar dan mengharuskan adanya laporan positif dari tempat anda meminjam sebelumnya (biro kredit). Selain itu, dalam pinjaman tradisional memerlukan dokumen-dokumen atau jaminan pribadi yang tidak anda perlukan dalam pinjaman online.

Perbedaan ketiga yang dapat disebutkan adalah biaya administrasi. Biaya Administrasi dari pinjaman uang online lebih rendah daripada biaya pinjaman tradisional. Pinjaman uang online biasanya dikembalikan sekaligus sehingga bisa menekan banyak biaya administrasi dan bunga kepada pelanggan. Sedangkan pinjaman tradisional anda memiliki tanggal-tanggal tertentu dimana harus membayar tagihan tersebut disertangi dengan bunga yang bisa saja bertambah seiring dengan jangka waktu pembayaran yang akan diambil.

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dengan menggunakan pinjaman uang online pelanggan dipermudah dengan syarat-syarat yang diperlukan tidak begitu rumit atau alasan dibalik mengapa anda meminjam uang. Berbanding terbalik dengan pinjaman tradisional dimana ada dokumen-dokumen yang diperlukan, melewati banyak birokrasi atau alasan mengapa anda meminjam uang, apakah itu untuk biaya kuliah (pendidikan), pembelian barang dan lain-lainnya.

Perbedaan antara pinjaman uang online dan kartu kredit
Di sisi lain, mengenai pinjaman uang online dengan kartu kredit terlihat mirip tetapi sebenarnya tidaklah sama. Pinjaman uang online diberikan oleh pemberi pinjaman kepada peminjam (klien) ketika anda setuju dengan kondisi seperti tanggal pembayaran, biaya administrasi, cara dan jangka waktu pengembalian dll. Sebaliknya kartu kredit adalah perjanjian antara pemberi kredit dengan klien dengan jumlah batas uang nominal tertentu, dalam periode waktu dan dengan beberapa kondisi yang sudah disepakati bersama (bunga, sistem pembayar, dll).

Oleh karena itu dalam sistem pinjaman uang online, klien menerima uang sesuai yang sudah disepakati, sementara pada sistem kartu kredit pelanggan bebas menggunakan atau tidak menggunakan uangnya sesuai dengan batas maksimal pada kartu yang sudah disepakati di awal. Dengan menggunakan kartu kredit, klien juga otomatis membayar untuk uang yang digunakan dan biaya administrasinya (tergantung dari kartu kredit yang digunakan ada biaya bulanan atau tahunan). Sekian mengenai artikel tentang perbedaan pinjaman uang online dengan pinjaman tradisional. Baca mengenai berbagai macam artikel baru yang dibuat oleh Credy untuk menambah info wawasan anda mengenai pinjaman uang online.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *