Tips untuk Mengelola Cash Flow Bisnis Anda

Ajukan Pinjaman

Banyak bisnis bertumbuh, tapi sayangnya tidak sedikit juga bisnis yang tutup. Hal ini umumnya disebabkan karena mempertahankan bisnis yang menguntungkan tidaklah mudah. Biasanya, dari sekian banyak faktor, penyebab kegagalan dalam sebuah bisnis adalah ketidakmampuan mengurus cash flow bisnis.

Jika Anda mempunyai bisnis, Anda harus bisa bertahan dalam berbagai situasi yang bermunculan. Salah satu caranya adalah dengan pandai mengelola cash flow bisnis. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Cash Flow Bisnis | Credy

Cash Flow Bisnis | Credy

1 Buat catatan secara rutin

Jika Anda baru saja memulai bisnis, pastikan untuk langsung terlibat dalam proses administrasi termasuk dalam pencatatan arus kas secara rutin. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan demi mengelola cash flow bisnis dengan baik. Lakukanlah pencatatan arus masuk dan keluar secara disiplin dan jelas. Anda tidak perlu mencatat secara manual, tapi sekarang sudah ada alat seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheet ataupun aplikasi dalam smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat arus kas bisnis Anda. Pencatatan rutin juga bisa membantu Anda untuk meninjau kembali keuangan bisnis yang bisa dipakai untuk perencanaan keuangan ke depannya.

2 Rencanakan pengeluaran

Supaya bisa mengontrol arus kas, sebaiknya Anda memiliki rencana pengeluaran setiap bulannya. Dengan begitu Anda sudah bisa tahu berapa banyak biaya yang diperlukan untuk bisa mengatur arus kas. Hitung terlebih dahulu berapa biaya gaji, pajak, dan operasional yang dibutuhkan. Perencanaan pengeluaran keuangan yang baik dapat membantu Anda untuk untuk menghindar dari situasi kekurangan uang.

3 Miliki dana cadangan

Akan ada saatnya dimana hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda. Misalnya, Anda memerlukan biaya lebih untuk merenovasi toko atau penjualan berkurang. Jika hal ini sampai terjadi, pastikan Anda sudah memiliki dana cadangan untuk menutupi biaya tersebut.

4 Dapatkan tambahan modal

Apabila barang atau jasa Anda belum terjual tetapi Anda perlu membayar biaya operasional, tentu Anda akan membutuhkan biaya tambahan. Atau mungkin bisnis Anda sudah berjalan dengan lancar dan Anda ingin melebarkan jaringan bisnis Anda. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menambah modal usaha.

Agar arus kas Anda tetap lancar, Anda bisa mengajukan pinjaman online. Pinjaman cepat yang ditawarkan Credy bisa menjadi solusi untuk kebutuhan finansial yang mendesak. Terlebih lagi proses peminjaman cepat dan tidak ribet.

Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat? Ajukan pinjaman Anda di sini.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *